Sabtu, 24 Desember 2011

Mesin Jahit (personal)

Mesin jahit adalah sebuah alat yang menggunakan jarum dan benang untuk menyambung bagian bagian menjadi satu kesatuan dalam hal ini adalah pakaian walaupun
jahit menjahit masih juga berlaku dibidang lain misalkan kedokteran. Kegiatan menyambung bahan tersebut disebut dengan menjahit, kenapa disebut mesin jahit? Nah.. sudah jelas dari penambahan kata "mesin:" didepan berarti berupa sebuah alat bantu yang mendukung pekerjaan menjahit emnjadi lebih efisien dan efisien. 

Mesin jahit dengan teknik revolusioner yang tidak hanya sekedar menggunakan jarum dan satu benang sudah ditemukan pada abad ke 17 namun siapa penemu
pertama masih belum bisa dipastikan karena tidak satupun mematenkan karya cipataanya tersebut. Baru pada abad ke 18 ditemukan oleh Elias Howe yang menemukan teknik jahit dengan menggunakan dua benang dari arah berlawanan dan jarum yang berlubang dibagian ujungnya seperti banyak digunakan pada mesin jahit sekarang ini.Jarum itu didesak menembus kain dan membuat semacam lengkungan benang di sisi bawah kain. Sebuah benang dari arah lain disisipkan ke dalam lengkungan tadi. Lalu kedua benang membuat jalinan yang mengunci kain. Pada tahun 1850 Isaac Singer menemukan teknik yang lebih maju dan mesin cipataanya sudah mulai diproduksi secara masal dan oleh Isaac Singer ditambahkan pula penemuan penggunaan kayuh pedal pada kaki mengganti metode sebelumnya yang menggunakan tangan sebagai pemutar.


Mesin jahit berkembang sesuai perkembangan revolusi Industri sehingga diciptakan berbagai mesin-mesin jahit dengan fungsi dan kelabihannya masing masing. Sekarang ini di Indonesia khususunya yang saya temui mesin jahit bisa dikategorikan dalam dua jenis yaitu mesin rumahan atau disebut mesin jahit rumahan atau disebut pula dengan mesin jahit kecil kemudian mesin jahit Industri atau disebut mesin jahit besar atau disebut high speed. Kedua kategory tersebut bisa dikenali dengan spesifikasi yang bisa dilihat dari bentuk, kecepatan dan fungsinya termasuk harganya.

Mesin jahit personal/rumahan/ kecil bisa dikenali dengan bentuk fisiknya yang standart biasa dengan body besi dan meja yang bisa dilipat dengan meja dan kayuh dibagian bawahnya. Pada umumnya mesin jahit ini berwarna hitam dan berbentuk klasik walaupun ada bentuk yang modern yang akan saya ulas lebih jauh di bagian lain. Bila dipasangkan dinamo elektrik penggerak mesin jahit ini dipasangkan pada bagian belakang mesin ditempelkan dengan body mesin jahit. Komsumsi listrik yang dibutuhkan untuk menggerakan mesin ini standartnya adalah 40 sd 60 Watt sehingga cukup ringan dan cocok digunakan untuk rumahan. Beberapa merek yang sangat identik dengan mesin ini diantaranya Singer, Butterfly, Standart dan banyak merek lain yang beredar di pasaran. Harga mesin jahit ini berkisar mulai 600ribu hingga 2 juta rupiah.

Mesin jahit Industri/ besar / high speed adalah kategori lain dari mesin jahit, pakulinan menggunakan mesin jahit jenis ini untuk mendukung proses produksi jahit baju batik, jaket batik, jaket anak dll, untuk mengetahuinya silahkan baca di postingan berikutnya.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda